Dana Tidak Aktif dan Pengunduran Usia Pensiun


Di posting pada: 20-05-2019 15:06:00 oleh Muhammad Faiz Syawaludin
Berita

1.   Cfm POJK No.05/POJK.05/2017 pasal 69 terkait dana tidak aktif, yaitu:

a.   Apabila DPLK BNI belum melakukan pembayaran manfaat pensiun peserta dengan jangka waktu 1 (satu) tahun setelah pensiun normal, disebabkan oleh

·      peserta tidak diketahui keberadaannya

·      tidak memiliki ahli waris/pihak yang ditunjuk sebagai pihak yang berhak.

Manfaat mensiun tersebut dikatagorikan sebagai Dana Tidak Aktif

b.   Apabila sampai 1 tahun dan 180 (seratus delapan puluh) hari setelah pensiun normal, tetap juga tidak terjadi pembayaran Manfaat Pensiun kepada peserta maka DPLK wajib menyerahkan dana tidak aktif tersebut kepada Balai Harta Peninggalan (BHP) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

c.   Apabila Peserta atau Pihak yang Berhak atas dana tersebut meminta pembayaran manfaat pensiun, maka memintanya kepada Balai Harta Peninggalan.

 

2.   Untuk meminimalisir adanya dana peserta tidak aktif sebagaimana butir 1 dan meminimalisir adanya komplain dari Peserta atau Pihak yang Berhak atas dana tersebut kepada DPLK, walaupun telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Maka ada beberapa hal yang dapat diinformasikan kepada peserta, antara lain:

a.    Peserta secara rutin melakukan perubahan data identitas peserta dan perubahan ahli waris/pihak yang tunjuk melalui BNI cabang terdekat.

b.    Peserta perorangan dapat melakukan perubahan mundur usia pensiun, apabila tidak melakukan pencairan dana atas pensiun normal yang telah jatuh tempo.

 

3.   Terlampir form perubahan mundur usia pensiun untuk dapat diemail kepada DPLK Bagian Setelmen, malaui  email dplk@bni.co.id , umar.dplk@bni.co.id , dhani.espana@bni.co.id , joko.pramono@bni.co.id  dan yunus.kurniawan@bni.co.id

FORM DANA TIDAK AKTIF DAN PENGUNDURAN USIA PENSIUN :

https://drive.google.com/open?id=1v4aXiPz9JK7ext6mX7bN02M8O2uwa9_b

Hubungi Kami


Butuh bantuan?
Hubungi 1 5000 46 atau 68888 (melalui ponsel)

Investor Relations


(021) 5728266
(021) 2510175